Selasa, 07 Februari 2012

Info UPN Veteran Jakarta

UPN Veteran Jakarta 





VISI
Terselenggaranya Program unggulan, modern dan mandiri dalam mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk menghasilkan lulusan sebagai pioner pembangunan yang profesional, inovatif dan produktif di landasi moral Pancasila, jiwa kejuangan yang tinggi dan wawasan kebangsaan dalam menunjang pembangunan nasional.


MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat pada bidang manajemen
2. Menghasilkan lulusan yang cakap, profesional, kreatif, inovatif dan produktif di bidang manajemen.
3. Membekali mahasiswa agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, mendidik jiwa kejuangan dan keterampilan manajemen yang profesional.
4. Melayani konsultasi dan pembimbingan masyarakat dalam bidang manajemen 


Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) yang saat ini tengah berusia 49 tahun, diresmikan berdiri pada 7 Januari 1963 berdasarkan Akta Notaris R Kardiman Nomor 14 Tahun 1963. Pada awal berdirinya, UPNVJ terdiri dari tiga akademi, yaitu Akademi Bank, Akademi Tekstil, dan Akademi Tata Laksana Pelayanan Niaga Yos Sudarso. Ketiga akademi ini menjadi core inti serta ciri khas UPNVJ pada masa itu. Selain itu, UPNVJ mengemban amanat Permenhan No 8 Tahun 2010 yang antara lain membantu putra-putri TNI dan Polri, mengajarkan pertahanan nirmiliter, dan memberikan bekal wawasan kebangsaan. Itulah sekilas tentang latar belakang sejarah dan awal berdirinya UPNVJ.

Pada saat ini UPNVJ dalam masa transisi menuju ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diharapkan memiliki peran sebagai perguruan tinggi yang berorientasi pada pemberdayaan sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan (nirmiliter) dan pembangunan nasional. Melalui transisi ini diharapkan nantinya akan berdampak pada semakin majunya UPNVJ ke depan.

 Menurut Rektor, UPNVJ sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tinggi Tri Dharma Pendidikan akan memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan bangsa secara akademis. Langkah yang dilakukan adalah menerapkan program “Three in One” yang terdiri dari wawasan kebangsaan, kewirausahaan, dan kepemimpinan. Program ini diharapkan dapat bermanfaat dan menjadi ciri khas bagi UPNVJ dibandingkan dengan universitas-universitas lain di Indonesia. Lebih lanjut Koesnadi menambahkan, upaya memasyarakatkan dan meningkatkan kembali wawasan kebangsaan merupakan program pertama “Three in One” yang akan diangkat UPNVJ.

Untuk lebih memberdayakan upaya tersebut, UPNVJ mendirikan lembaga kajian CNSS (Centre for National Security Studies) pada 10 Juni 2011. Tugas utamanya, memasyarakatkan kembali empat pilar wawasan kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika, dengan tujuan mewujudkan keamanan nasional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar